Minum Air Mineral Dingin Bahaya untuk Kesehatan Tubuh, Mitos atau Fakta? : Okezone Lifestyle

Berita16 Dilihat

BANYAK orang yang sangat menyukai minum air mineral dingin. Namun di sisi lain, minum air dingin seringkali diasumsikan sebagai salah satu hal yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Tak jarang mereka yang gemar minum air mineral dingin ditakutkan dengan rumor mengenai kerusakan ginjal. Padahal banyak orang yang lebih tertarik dan suka mengonsumsi air mineral dalam kondisi dingin.

 BACA JUGA:

Lantas, benarkah minum air mineral dingin bisa memicu bahaya untuk kesehatan tubuh, khususnya organ ginjal? Certified health coach, dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K menjelaskan bahwa air mineral yang dikonsumsi dalam kondisi dingin mau pun hangat, dengan sendirinya suhunya akan menyesuaikan jika sudah mencapai lambung.

 

(Foto: India TV) 

“Jadi sebenarnya air yang diminum, berapa pun suhunya itu ketika mencapai lambung, maka akan menyesuaikan dengan keadaan lambung kita,” kata dr. Dion dikutip dari akun Instagram @dionharyadi, Kamis (18/4/2024)


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam kesempatan yang sama, dr. Dion juga mengungkap bahwa kondisi suhu air dingin maupun hangat yang masih dalam batas wajar, tetap aman untuk dikonsumsi setiap harinya. Kecuali air tersebut memiliki suhu panas atau dingin yang ekstrim, hal ini bisa melukai tenggorokan.

“Kecuali Anda meminum air dengan suhu 100 derajat celcius ya itu berpotensi melukai tenggorokan. Tapi kalau misalnya masih dalam tahap wajar, mau itu hangat mau pun dingin itu suhunya akan disesuaikan di dalam tubuh,” jelasnya.

Baca Juga  JK Cerita Pengalaman dari Pengusaha Terjun ke Dunia Politik

Sehingga dari sini, jelas sudah bahwa rumor mengenai air mineral dingin bisa memperberat kinerja organ ginjal dan berdampak pada kesehatan tubuh menjadi salah satu mitos kesehatan yang masih sering beredar.

“Ini juga tidak memperberat kerja ginjal atau merusak tubuh manusia. Makanya konten-konten yang bilang minum air es itu berbahaya itu enggak benar,” tegas dr. Dion.

Menurut dr. Dion, air mineral dingin sebetulnya bisa menjadi solusi bagi para penggemar minuman manis agar menggantinya dengan minum air mineral dingin. Pasalnya tak semua orang suka untuk minum air mineral dalam suhu ruangan, sebagian orang menganggap minum air mineral dalam kondisi dingin bisa membantunya untuk lebih rajin memenuhi cairan tubuh.

“Padahal air (mineral dingin) es itu bisa jadi solusi buat orang yang ingin mengurangi minum manis. Jadi dengan minum air dingin, minum air putih bisa lebih banyak, mengurangi minuman manis berkalori yang bisa meningkatkan berat badan,” pungkas dr. Dion

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *