500 Personel Amankan Forum Dialog Tingkat Tinggi RI-Cina di Labuan Bajo, Termasuk dari Ancaman Komodo : Okezone News

Berita11 Dilihat

MANGGARAI BARAT – RI-Cina akan melaksanakan High Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) selama 18-20 April 2024.

Sebanyak 500 personel gabungan akan dikerahkan untuk mengamankan forum dialog tingkat tinggi antara kedua negara tersebut selama beberapa hari ke depan.

Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi (Karo Ops) Polda NTT Kombes Pol Deonijiu de Fatima mengungkapkan, personel pengamanan itu merupakan gabungan Polri-TNI dan instansi lainnya di Labuan Bajo.

“311 personel TNI-Polri ditambah personel dari instansi lain yakni Basarnas, Dinas Perhubungan, BTNK (Balai Taman Nasional Komodo) dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat,” ungkap de Fatima usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan di Labuan Bajo, Kamis (18/4/2024).

Fatima mengatakan, pengamanan akan dimulai sejak delegasi tiba di Bandara Komodo, lanjut hingga tempat penginapan dan lokasi kegiatan. Pengamanan juga dilakukan saat delegasi berkunjung ke TN Komodo.

“Pengamanan dilaksanakan sejak kedatangan di bandara, penginapan di Hotel Meruorah dan Hotel Ayana, juga di Pulau Padar,” jelasnya.

Adapun pengamanan para delegasi ke kawasan TN Komodo dijadwalkan pada Jumat (19/4/2024). Menurutnya, pengamanan akan dilakukan sejak keberangkatan pagi dari Labuan Bajo hingga tiba di Pulau Padar.





Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Para personel, demikian Fatima, disiagakan untuk pengamanan sekaligus mengantisipasi potensi ancaman dari Komodo serta hewan liar lain yang ada di Pulau Padar, kawasan TN Komodo.

Baca Juga  Ilmuwan Ungkap Alasan Cheetah Bisa Berlari Sangat Cepat : Okezone Techno

“Sehari sebelumnya sudah kami siapkan personel di Pulau Padar dan di pulau itu ada personel dari Balai TNK,” ujarnya.

Informasi yang diperoleh, ada 20 delegasi dari China yang dipimpin Menteri Luar Negeri Wang Yi menghadiri HDCM ini di Labuan Bajo. Sedangkan dari RI ada Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

“Yang hadir dari delegasi China ada Mr. Wang Yi. Dari Indonesia Pak Menko Marves dan Menteri Kelautan dan Perikanan. Lalu ada daftar 13 delegasi kementerian yang ikut hadir yang saat ini belum kami terima,” kata Fatima.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *