Mengenal DuneQuixote, Malware yang Digunakan Hacker Curi Data : Okezone Techno

Berita12 Dilihat

Mengenal DuneQuixote, malware yang digunakan hacker untuk curi data. (Ilustrasi/Freepik)





JAKARTA Malware berbahaya terus berkembang. Menurut perusahaan keamanan siber, Kaspersky, saat ini muncul malware jenis baru bernama DuneQuixote yang menargetkan entitas pemerintah, baik di Timur Tengah, Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Utara.


DuneQuixote menggabungkan cuplikan yang diambil dari puisi Spanyol untuk meningkatkan persistensi dan menghindari deteksi, dengan tujuan akhir spionase dunia maya. Dengan malware ini para hacker mampu memata-matai dan mengambil data sensitif target.


Dalam pernyataan resminya, Kaspersky mengungkap, dropper awal malware menyamar sebagai file penginstal rusak untuk alat sah bernama Total Commander. Di dalam dropper ini, tertanam string dari puisi Spanyol, dengan string yang berbeda dari satu sampel ke sampel lainnya.


Menurut peneliti keamanan utama di GReAT (Global Research and Analysis Team) Kaspersky, Sergey Lozhkin, variasi ini bertujuan mengubah tanda tangan setiap sampel, sehingga pendeteksian dengan metodologi tradisional menjadi lebih sulit.


Tertanam di dalam dropper adalah kode berbahaya yang dirancang untuk mengunduh muatan tambahan dalam bentuk backdoor bernama CR4T. Backdoor ini, yang dikembangkan dalam C/C++ dan GoLang, bertujuan untuk memberikan akses kepada penyerang ke mesin korban.


Khususnya, varian GoLang menggunakan API Telegram untuk komunikasi C2, menerapkan pengikatan API telegram Golang publik.


“Variasi malware ini menunjukkan kemampuan adaptasi dan kecerdikan para pelaku ancaman di balik kampanye ini. Saat ini, kami telah menemukan dua implan serupa, namun kami sangat mencurigai adanya implan tambahan,” kata Sergey.


Telemetri Kaspersky mengidentifikasi korban di Timur Tengah pada awal Februari 2024. Selain itu, beberapa unggahan malware yang sama ke layanan pemindaian malware semi-publik terjadi pada akhir tahun 2023, dengan lebih dari 30 pengiriman. Sumber lain yang dicurigai sebagai titik keluar VPN berlokasi di Korea Selatan, Luksemburg, Jepang, Kanada, Belanda, dan Amerika Serikat.

Baca Juga  Harga Pasaran Pemain Timnas Indonesia Justin Hubner Resmi Dirilis, Kalah dari Rizky Ridho! : Okezone Bola






Untuk menghindari menjadi korban serangan yang ditargetkan penjahat siber yang dikenal atau tidak dikenal, peneliti Kaspersky merekomendasikan penerapan langkah berikut ini:


Memberikan tim SOC Anda akses ke intelijen ancaman (TI) terbaru. Portal Intelijen Ancaman Kaspersky adalah satu titik akses untuk TI perusahaan, yang menyediakan data dan wawasan serangan siber yang dikumpulkan oleh Kaspersky selama lebih dari 20 tahun.


Tingkatkan keterampilan tim keamanan siber Anda untuk mengatasi ancaman terbaru yang ditargetkan dengan pelatihan online Kaspersky yang dikembangkan oleh para ahli GReAT


Untuk deteksi tingkat titik akhir, investigasi, dan remediasi insiden secara tepat waktu, terapkan solusi EDR seperti Kaspersky Endpoint Detection and Response


Selain mengadopsi perlindungan titik akhir yang penting, terapkan solusi keamanan tingkat perusahaan yang mendeteksi ancaman tingkat lanjut di tingkat jaringan pada tahap awal, seperti Kaspersky Anti Targeted Attack Platform



Karena banyak serangan yang ditargetkan dimulai dengan phishing atau teknik rekayasa sosial lainnya, perkenalkan pelatihan kesadaran keamanan dan ajarkan keterampilan praktis kepada tim Anda misalnya, melalui Kaspersky Automated Security Awareness Platform.

 

(erh)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *