Usai Mudik Lebaran 2024 Oli Mesin Mobil Perlu Diganti? : Okezone Otomotif

Berita47 Dilihat

JAKARTA – Mobil pribadi menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Lalu lintas yang padat harus membuat mesin bekerja lebih keras karena suhu yang meningkat dan dapat membuat oli menguap.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pemilik mobil wajib memeriksa volume oli mesin demi kenyamanan dan keamanan. Oli mesin yang kurang dapat mengakibatkan komponen di dalam mesin tida terlumasi dengan sempurna dan dapat menyebabkan kerusakan.

Namun, pemilik mobil juga harus memperhatikan kondisi oli mesin setelah melakukan perjalan kembali ke kota. Pasalnya, oli mesin dapat menguap akibat suhu yang terlalu panas, sehingga volume-nya berkurang.

“Di masa liburan pasti macet, oli mesin perlu diganti atau tidak, perlu dicek dulu kondisinya. Kalau masih bagus ya enggak perlu ganti, cukup ditambahkan saja olinya kalau volume-nya berkurang,” kata Kepala Mekanik Shop and Drive, Ponty, kepada MNC Portal.

Jika kondisi lalu lintas alami kepadatan parah dengan kondisi stop and go di sepanjang perjalanan, penggantian oli perlu dilakukan setelah kembali dari mudik Lebaran demi menjaga kondisi mesin tetap prima.

“Kalau memang di perjalanan macet sampai berjam-jam dan jarak perjalannya cukup jauh, memang alangkah baiknya oli mesin diganti untuk menjaga kondisi mesin tetap optimal,” ujar Ponty.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun, apabila kondisi perjalanan relatif lancar, Ponty menyarankan untuk mengganti oli mesin sesuai dengan masa pakai. Kendati begitu, pengecekan perlu dilakukan untuk memastikan kondisi oli masih layak pakai atau tidak.

Baca Juga  Prabowo Ingin Persaingan Politik Dilandasi Kekeluargaan

“Kita bisa melihat atau mengecek dari kondisi oli dan waktu gantinya. Kalau memang sudah mendekati waktu ganti atau kondisinya sudah jelek sebaiknya diganti agar performa mesin lebih prima,” tuturnya.

Ponty juga mengingatkan kepada pemilik mobil untuk mengecek komponen lainnya. Terutama sebelum melakukan perjalanan, ini untuk membuat perjalanan menadi lebih aman dan nyaman.

“Bukan hanya pengecekan oli, ini juga wajib didukung dengan pengecekan komponen yang lain apabila ingin melakukan perjalanan jauh. Ini untuk memastikan perjalanan terasa aman dan nyaman,” ucapnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *