Unik! Perbaikan Jalan di RI Pakai Busa, Bisa Hemat Anggaran 70% : Okezone Economy

Berita66 Dilihat

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengembangkan teknik mortar busa perbaikan infrastruktur jalan yang rusak.



Mortar busa adalah optimalisasi penggunaan busa (foam) dengan pasir, semen dan air (mortar) yang berkekuatan tinggi sehingga bisa sempurna menjadi dasar atau perkerasan jalan pada tanah lunak.

“Kementerian PUPR telah mengembangkan teknologi mortar busa sebagai solusi konstruksi infrastruktur di tanah lunak” tulis lama Instagram resmi Kementerian PUPR, dikutip Sabtu (17/2/2024).

Mortar busa memiliki berat yang ringan, untuk lapis dasar yaitu 0,8 ton/m³ dan untuk lapis sub-base yaitu 0,6 ton/m³. Material ini mampu menjaga stabilitas pada tanah timbunan.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mortar busa memiliki keunggulan mampu menghemat dana hingga 60% – 70%. Selain itu juga mampu menghemat waktu pengerjaan hingga 50%.

Salah satu infrastruktur yang menggunakan teknik mortar busa adalah Jalan Layang Antapani yang berada di Bandung, Jawa Barat.

Jalan Layang Antapani adalah pilot projects teknologi Corrugated Mortar Busa Pusjatan (CMP) yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR dan menjadi yang pertama ada di Indonesia.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Gemini hingga Leo, 5 Zodiak Susah Merasa Puas : Okezone Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *