UMK Batam 2024 Bisa Tembus Rp5 Juta? : Okezone Economy

Berita127 Dilihat

JAKARTA – Sejumlah daerah di Indonesia telah menetapkan kenaikan UMP 2024, termasuk dengan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Di mana Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) meningkat sebesar Rp3.402.492. Nilai tersebut mengalami kenaikan sekitar 3,76 persen dari UMP 2023 yakni Rp3.279.194.

 BACA JUGA:

Beberapa hari sebelum diberlakukannya UMP baru di Kepri, sejumlah buruh melakukan aksi demonstrasi di Kantor Wali Kota Batam untuk menuntut kenaikan UMK sebesar 15% atau Rp675 ribu.

Adapun pihak Dinas tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam masih terus melakukan pembahasan mengenai kenaikan UMK)Batam untuk tahun depan.

 BACA JUGA:

Kepala Disnaker, Rudi Sakyakirti menjelaskan terkait perhitungan UMK akan mengacu pada PP Nomor 51 Tahun 2023.

Aturan PP Nomor 51 Tahun 2023 sendiri telah mengatur sekaligus merevisi beberapa ketentuan dalam PP Nomor 36 Tahun 2021 yang sebelumnya menjadi acuan. Salah satunya mengenai perhitungan upah minimum yang akan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti Kondisi usaha, Daya saing daerah, Kebutuhan hidup layak, Tingkat produktivitas nasional, Pertumbuhan ekonomi nasional, dan Tingkat inflasi nasional


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya


Jumlah pertumbuhan ekonomi di Kota Batam telah mencapai angka 6,8%. Sementara untuk tingkat inflasi menyentuh angka 2,05%. Pemerintah Kota Batam memastikan UMK Batam 2024 akan mengalami kenaikan. Namun untuk besarannya masih akan dikaji bersama Dewan Pengupahan Kota (DPK) Batam.

Sebagai tambahan informasi, pada 2023 lalu UMK Batam telah menyentuh angka Rp4.500.440 atau naik sekitar 4,7% dari tahun 2022. Nominal tersebut merupakan yang tertinggi di Provinsi Kepri. Dengan naiknya UMP Kepri, maka angka UMK Batam 2024 kemungkinan besar akan mengalami kenaikan lebih tinggi lagi.

Baca Juga  Bertandang ke Kantor DPC PKS Bekasi, Begini Respons Anies soal Cawapres

 

Baca Selengkapnya : Berapa UMK Batam 2024?

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *