Tren Belanja Online Orang RI, UMKM Diminta Lakukan Ini agar Tetap Cuan : Okezone Economy

Berita40 Dilihat

JAKARTA – Pelaku UMKM diharapkan dapat beradaptasi dengan era digital yang dinamis. Perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi Ninja Xpress merilis hasil riset dari Suara UKM Negeri Vol 4 yang membahas tentang “Seluk Beluk Social Commerce di Indonesia”.



Dalam kolaborasi dengan Milieu Insight, studi ini melibatkan lebih dari 600 responden yang merupakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berjualan secara online.

“Era digital adalah era yang dinamis dan transformatif. Pelaku UKM tidak sebaiknya bergantung pada satu platform belanja atau transaksi online saja,” kata Chief of Marketing Ninja Xpress Andi Djoewarsa.Dalam acara suara UKM Negeri Vol.4 di Ninja Studio Jakarta Selatan,Selasa (6/2/2024).

Menurut Andi, strategi multi-platform dapat meminimalkan dampak bisnis jika ada isu di salah satu platform.

“Kami mendorong pelaku UKM untuk mengembangkan situs online sendiri dan memanfaatkan social commerce untuk meningkatkan pendapatan,” imbuhnya.

Adapun tujuan dari riset ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang penggunaan social commerce dalam menjangkau target pasar dan meningkatkan penjualan. Social commerce sendiri merujuk pada platform yang berawal dari interaksi sosial dan digunakan untuk mengembangkan komunitas pengguna yang kemudian dapat dijadikan sumber pendapatan melalui berjualan. Hal ini di ungkapkan Chief of Marketing Ninja Xpress Andi Djoewarsa.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berdasarkan riset Suara UKM Negeri Vol 3 yang membahas tentang “Masa Depan pembelanja online atau e-shopper di Indonesia”, ditemukan bahwa terdapat kelompok pembeli online yang disebut E-Shopaholics. Kelompok ini terdiri dari mereka yang sudah terbiasa dan terus menerus berbelanja secara online.

Baca Juga  Depok Diguyur Hujan Lebat, Jalan Raya Margonda Banjir dan Lalin Macet : Okezone Megapolitan

Selain itu,riset tersebut juga menemukan bahwa media sosial menjadi mesin pencari utama bagi para E-Shopaholics, dan mereka cenderung berbelanja di berbagai platform, baik itu marketplace maupun media sosial. Temuan ini juga didukung oleh studi “Bold Moves: Leading Southeast Asia’s next wave of consumer growth” yang menunjukkan bahwa media sosial tidak hanya berfungsi sebagai platform berjejaring, tetapi juga sebagai sumber informasi yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan seseorang.

“Ninja Xpress hadir dengan layanan pembuatan website khusus untuk para pelaku UKM. Dengan memiliki platform sendiri, mereka dapat mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan melalui social media. Selain itu, layanan foto dan video produk yang disediakan oleh Ninja Xpress membantu meningkatkan relevansi konten dengan produk yang dijual oleh UKM tersebut,” tutup andi.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *