Terletak di Pulau Hantu, Gunung di NTT Ini Kini Jadi Destinasi Wisata Terunik di Dunia : Okezone Nasional

Berita146 Dilihat

 

LEMBATA – Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu destinasi wisata yang digemari wisatawan. Di Pulau Lembata misalnya, terdapat gunung yang unik.




Gunung Ile Batutara, merupakan gunung yang memiliki sejarah yang melegenda. Di mana awalnya wilayah gunung tersebut dianggap misterius karena tidak berpenghuni.

  BACA JUGA:

Pulau Lembata atau dijuluki Komba, memiliki kisah-kisah mistis. Saking misteriusnya, pulau komba tersebut bahkan dijuluki sebagai pulau ‘hantu’. Setelah ‘tertidur’ selama 1,5 abad, akhinya pada 2007 persisnya di bulan Maret pulau tersebut berdenyut dan baru disadari ternyata ada gunung berapi di dalam perutnya.

Gunung tersebut sekarang dinamai Ile Batutara yanng awalnya disebut juga gunung ‘hantu’ karena meletusnya setelah kurun waktu yang lama.

 BACA JUGA:

“Itu adalah penyebabnya tidak banyak yang menyangka bahwa pulau yang dikisahkan sebagai pulau hantu itu, ternyata gunung api yang aktif,” ungkap Bupati Kabupaten Lembata, Eliaser Yentji Sunur pada 7 Mei 2018.

Dari catatan sejarah, gunung kecil yang terletak 50 km di sebelah utara pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki riwayat letusan pertama kali pada tahun 1847 dan 1952. Kemudian, letusan selanjutnya terjadi pada 1 Juli 2006 yang mengeluarkan abu vulkanik yang naik sampai 5.000 kaki.

Sekarang, gunung tersebut menjadi salah satu gunung terunik di dunia karena bisa menikmati pesona semburan lava gunung berapi aktif. Wisatawan bisa menikmati dari jarak 50 meter karena dipastikan aman bagi manusia dan lingkungan. Gunung Batutara mendapat penghargaan sebagai destinasi wisata terunik ke dua di Indonesia dari sekian banyak destinasi wisata di NTT dan NTT.

“Untuk melihat gunung yang menyemburkan lava, kalian tidak perlu lagi jauh-jauh terbang ke Hawaii untuk melihat gunung Kilauea atau jauh-jauh ke Jepang untuk menyaksikan muntahan lava dari perut gunung Sakurajima, karena kalian hanya perlu datang ke Kabupaten Lembata,” jelasnya.

Baca Juga  Senior atau Junior yang Ingin Maju Caketum Tunggu Waktunya, Tak Main Serobot


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya


Dia menjelaskan, untuk menikmati semburan lava ini maka disarankan untuk datang menjelang malam atau fajar menyingsing dan Anda pasti berdecak kagum menyaksikan dan menikmati pemandangan yang akan Anda lihat.

 BACA JUGA:

“Pesona gunung api aktif ini memang luar biasa karena memuntahkan lava setiap 20 menit sekali. Pada malam hari, muntahan lavanya menjadi pemandangan yang sungguh menakjubkan,” tukasnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *