Surat Dakwaan Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor, Sidang SYL Cs Tinggal Tunggu Jadwal : Okezone Nasional

Berita47 Dilihat

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui tim jaksa telah melimpahkan berkas perkara beserta surat dakwaan eks Menteri Pertaniam Syharul Yasin Limpo (SYL) dan kawan-kawan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2024). Rangkaian persidangan pun tinggal menunggu agenda sidang perdana berupa pembacaan dakwaan. 

“Hari ini (20/2) Jaksa KPK Meyer Volmar Simanjuntak, telah selesai melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan dengan Terdakwa Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian) dkk ke Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri melalui keterangan tertulisnya. 

 BACA JUGA:

Dalam perkara dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian (kementan) itu, KPK menetapkan dua tersangka lagi selain SYL, yakni Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Kementan, Muhammad Hatta. 

Dalam surat dakwaannya, SYL Cs ini diduga memeras dan menerima gratifikasi dari pejabat eselon I dengan jumlah total Rp44,5 miliar. 

 BACA JUGA:

“Tim Jaksa mendakwa dengan perbuatan bersama-sama melakukan pemerasan pada para pejabat Eselon I beserta jajaran di Kementan RI termasuk dengan penerimaan gratifikasi sebesar Rp44,5 miliar,” ujarnya. 

Ali melanjutkan, terkait detail dari dakwaan tersebut akan dipaparkan lebih lengkap dalam sidang pembacaan dakwaan. 




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Tim Jaksa saat ini menunggu info lanjutan untuk jadwal persidangan dimaksud,” ucapnya.

Lebih lanjut Ali menyebutkan, setelah pelimpahan berkas perkara dam surat dakwaan ini, penahanan SYL Cs ini selanjutnya menjadi wewenang dari Pengadilan Tipikor PN Jakpus.

Baca Juga  Pengamat Yakin Airlangga Bisa Gaet Pemilih Gen Z di Pemilu 2024: Buat Program yang Konkret

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *