Prakiraan Cuaca BMKG: Banjir Pesisir, Gelombang 4 Meter dan Hujan di Berbagai Wilayah

Berita325 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Hujan disertai petir pada Ahad, 6 Agustus 2023 diperkirakan terjadi di Tarakan. Hujan intensitas sedang kemungkinan terjadi di Medan.

Adapun hujan intensitas ringan kemungkinan terjadi di Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Jayapura dan Manokwari. “Ibu kota provinsi yang perkirakan diselimuti kabut di Pontianak,” demikian data dari BMKG.

Suhu udara berkisar antara 17-35 derajat Celcius dengan suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Pekanbaru. 

Prakiraan berbasis dampak hujan lebat dengan status waspada tercatat di Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Papua. Tidak ada provinsi berstatus siaga.

Jadwal banjir pesisir

– Pesisir selatan Banten pada 30 Juli – 6 Agustus 2023

– Pesisir Maluku (Saumlaki), Banda, Pesisir selatan Pulau Seram, Kep. Kai, Kep Dobo, Kabupaten Seram bagian timur) pada 30 Juli – 6 Agustus 2023

– Pesisir Kep. Riau (Pesisir Kota Batam) pada 31 Juli – 8 Agustus 2023

– Pesisir Papua Selatan (Pesisir Selat Muli) pada 1 – 7 Agustus 2023

Iklan

– Pesisir Papua Selatan (Pesisir Merauke) pada 4 – 8 Agustus 2023

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 6-7 Agustus 2023

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari selatan – barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5 – 25 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur – tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 -25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Makassar, perairan Bitung-Likupang, perairan Kep. Sitaro, perairan utara Sorong, perairan selatan Sermata – Tanimbar, dan Laut Arafuru,” demikian menurut BMKG.

Gelombang yang sangat tinggi di kisaran 2,5- 4 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat P. Simeulue – Kep. Mentawai, perairan Bengkulu, perairan P. Enggano – barat Lampung, Samudra Hindia barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa hingga Sumba, Selat Bali – Lombok – Alas – Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Samudra Hindia selatan Banten – Sumba, Laut Banda bagian timur Sulawesi Tenggara, Samudra Pasifik utara Jayapura dan Laut Arafuru bagian tengah dan barat.

Baca Juga  Presidium Loyalis Partai Golkar Nilai Keputusan Airlangga Dukung Prabowo Tepat

Pilihan Editor: Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Lebat di Padang, Gelombang 6 Meter dari Mentawai hingga NTB, Banjir Pesisir



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *