Peristiwa 10 Januari : Berdirinya PDI Perjuangan hingga Ledakan Bom di Palopo : Okezone Nasional

Berita48 Dilihat

SEJUMLAH peristiwa besar dan bersejarah terjadi pada 10 Januari. Peristiwa tersebut terekam dalam jejak sejarah mulai dari pertemuan perdana PBB di London, berdirinya PDI Perjuangan hingga ledakan bom di Palopo.

Okezone merangkum sederet peristiwa penting yang pernah terjadi pada 10 Januari seperti dikutip dari Wikipedia.org berikut:




1. 1946 – Pertemuan Perdana PBB di London

 

Pertemuan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk pertama kalinya digelar pada 10 Januari 1946. Pertemuan itu dilaksanakan di Balai Tengah, Westminster, London. Total ada 51 negara di belahan dunia yang mengikuti pertemuan tersebut.

Biasanya pertemuan dilakukan pada Selasa di minggu ketiga bulan Desember dan diakhiri pada pertengahan Desember. Sementara itu pertemuan khusus juga bisa diadakan atas permintaan dewan keamanan mayoritas PBB.

2. 1863 – London Underground Railway Pertama Kali Dibuka

 

London Underground atau yang biasa disebut Tube merupakan jaringan angkutan cepat listrik yang melayani daerah Kota London dan London Raya. Jaringan ini memiliki panjang rute total 402 km dengan 270 stasiun.

Underground merupakan sistem angkutan cepat tertua di dunia yang sudah mulai beroperasi sejak 10 Januari 1863. Adapun jalur kereta yang pertama kali dibuka adalah lintasan yang menghubungkan kawasan Paddington dan Farringdon Street.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Berdirinya PDI Cikal Bakal PDIP

 

Partai Demokrat Indonesia (PDI) didirikan pada 10 Januari 1973. Partai ini merupakan gabungan dari Partai Nasional Indonesia (PNI), Partai Musyawarah Rakyat Banyak (Partai Murba), Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI), serta dua partai keagamaan yakni Partai Kristen Indonesia (Parkindo) dan Partai Katolik. Saat itu PDI pun dipimpin oleh Mohammad Isnaeni.

Baca Juga  Nonton WSBK Tissot Aragon Round Live di Vision+, Berikut Jadwalnya : Okezone Sports

Dalam Kongres Luar Biasa PDI di Surabaya 1993, Megawati Soekarnoputri terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PDI. Namun, pemerintah Soeharto tidak setuju dengan hal tersebut. Alhasil pada Kongres PDI di Medan 1996, Mega digeser dan digantikan Soerjadi. Kemunculan PDI dianggap menjadi cikal-bakal lahirnya PDI Perjuangan yang saat ini dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri.

4. Ledakan Bom di Palopo

 

Peristiwa ledakan bom terjadi di Kafe Bukit Sampoddo Indah di Kecamatan Wara, Kabupaten Luwu, Palopo, Sulawesi Selatan, pada 10 Januari 2004, pukul 23.00 Wita. Pengeboman ini menewaskan empat orang dan melukai tiga lainnya.

Latar belakang pengeboman tersebut karena pelaku bernama Jasmin bin Kasau menjadikan hal itu sebagai bentuk jihad melawan perbuatan buruk di kelab malam dan bar. Maka, ia bersama temannya mengunjungi kafe tersebut dan duduk di meja nomor 11 yang dekat dengan pintu masuk. Setelah memesan minum, mereka langsung meninggalkan kafe. Kemudian sebuah perangkat yang diduga bom pun meledak, hingga terdengar sampai jarak 2 kilometer.

5. Dibukanya Bandara Halim Perdanakusuma untuk Komersil

 

Bandar Udara International Halim Perdanakusuma merupakan bandar udara di Jakarta. Bandara ini dikenal sebagai markas Komando Oara bagi TNI. Namun bandara tersebut berubah menjadi komersil pada 10 Januari 2014 untuk membantu penumpang yang menumpuk di Bandara Soekarno-Hatta.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *