Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter Tapi Lampu Menyala dan Cara Mengatasinya : Okezone Otomotif

Berita28 Dilihat

PENYEBAB motor tidak bisa distarter tapi lampu menyala dan cara mengatasinya. Adapun, motor di era modern sudah menggunakan komponen elektrik starter demi memudahkan penggunanya.

Tapi seiring berjalannya waktu, terkadang timbul masalah motor tidak bisa distarter, sehingga harus menggunakan kick starter atau engkol.

Lantas apa penyebab motor tidak bisa distarter tapi lampu menyala dan cara mengatasinya:

1. Masalah pada Kabel dan Soket

Sistem kelistrikan dan starter elektrik melibatkan banyak kabel dan soket. Pemasangan kabel ini harus benar sehingga arus listrik dapat dialirkan dengan benar. Sayangnya, akibat getaran bahkan gigitan tikus, kabel serta soket ini bisa mengalami masalah. Kabel mungkin saja putus yang membuat aliran listrik terhenti.

Lebih berbahaya lagi jika terjadi konsleting sehingga menimbulkan masalah pada komponen lain seperti lampu. Mesin tidak akan menyala dan jika memang masalahnya ada pada kabel, bukan mengganti aki solusinya tetapi perbaikan kabel.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Starter Elektrik Kotor

Penyebab motor susah distarter padahal aki baru juga bisa disebabkan starter elektrik kotor. Pada bagian tombol starter kerak sangat mudah muncul karena sering terkena hujan, debu, dan kotoran lainnya.

Ketika starter terhambat oleh kotoran, maka alat tidak akan bekerja untuk menyalakan mesin. Tidak ada arus listrik yang terhubung dari starter elektrik sehingga membuat busi menyala.

3. Dinamo Starter Bermasalah

Apabila setelah membersihkan starter mesin tetap tidak mau menyala, maka masalah bisa saja berada pada dinamo starter. Komponen ini berfungsi sebagai pemutar gigi flywheel sehingga mesin dapat dinyalakan.

Baca Juga  Ketika Pengusaha Muda Makassar Kepincut Diskusi Bisnis dengan Alam Ganjar : Okezone News

Kerusakan dinamo starter adalah hal yang sangat langka karena komponen ini sebenarnya cukup aman. Namun kerusakan bisa terjadi karena arang kumparan atau brush terputus bahkan gosong.

-Berikut cara mengatasi:

1.Periksa bagian starter

Periksa rangkaian starter, terutama pada bagian soket-soket dan juga pada tombol starter yang kotor. Memeriksa bagian ini penting untuk dilakukan terutama pada saat musim hujan. Bagian-bagian tersebut rawan kotor di musim hujan.

2. Cek saklar starter pada tuas rem

Bagian penting yang harus dicek dari starter adalah saklar starter pada tuas rem. Seperti diketahui, cara menghidupkan motor adalah dengan menekan tombol saklar starter bersamaan dengan menekan rem karena terdapat switch atau saklar di bagian rem.

Apabila terdapat kotoran pada bagian switch kotor, maka dapat dibersihkan dengan cairan pembersih khusus switch kotor dapat dibersihkan dengan cotton bud yang dibasahi bensin.

3. Periksa tegangan aki atau baterai

Mengecek bagian aki atau baterai penting dilakukan di sepeda motor. Komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya adalah sistem starter elektrik.

Jika tombol starter ditekan dan motor starter atau dinamo tak mau berputar, kemungkinan terdapat masalah aki. Jika baterai sudah mulai lemah dapat disiasati dengan langsung ke bengkel resmi terdekat.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *