Menhub Ingin Pelabuhan Indonesia Ramah Lingkungan : Okezone Economy

Berita169 Dilihat

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya berupaya menekan emisi karbon yang ada di sektor pelayaran. Salah satu yang dilakukan dengan digitalisasi pelayaran dengan penerapan Maritime Single Window.

“Indonesia juga mendongrak jumlah pelabuhan untuk menjadi pelabuhan ramah lingkungan,” katanya di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Menurutnya, dalam meningkatkan otomasi dan digitalisasi pelayaran, Indonesia telah menerapkan sistem Maritime Single Window dan meningkatkan jumlah pelabuhan yang cerdas dan berkelanjutan.

“Indonesia secara aktif terlibat dalam pengembangan Marine Autonomous Surface Ships Code,” kata Budi Karya.

Dalam hal ini, Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau dikenal dengan BKI membantu pemerintah melobi Indonesia dalam proses pencalonan kembali Indonesia sebagai anggota dewan IMO.

“Sebagaimana diamanatkan Menteri Perhubungan RI bahwa seluruh delegasi Indonesia yang ditugaskan, untuk berpartisipasi aktif dalam upaya menggalang dukungan dan mendapatkan suara dari negara lain, dan BKI masuk sebagai salah satu delegasi Pemerintah Indonesia,” ujar Direktur Operasi IDSurvey/BKI Benny Susanto.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya


Sebagai informasi, BKI dengan sejumlah delegasi Indonesia untuk mendampingi Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pertemuan International Maritime Organization (IMO) yang diadakan di London pada Selasa (28/11/2023). Acara ini melibatkan delegasi dari sejumlah Kementerian dan Lembaga serta stakeholder terkait sebagai tim lobby pemenangan Indonesia untuk kembali terpilih menjadi anggota dewan IMO.

“Sejumlah kementerian atau lembaga yang ikut serta selain BKI, di antaranya Kemenkomarves, Kemenlu, Kemenhub, Kemenkumham, Kemen BUMN, Setkab, Kedubes RI di London, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL, Pelindo, Pertamina International Shipping, dan INSA. Sebagai Ketua Majelis BKI, saya nyatakan komitmen penuh BKI dalam mencapai kepentingan nasional Indonesia di forum ini,” sambut Laksamana TNI (Purn.) Prof. Dr. Marsetio selaku Ketua Majelis BKI.

Baca Juga  Ini Link Kumpulan Video Viral Yandex Com Yandex Ru dan Yandex Browser Jepang : Okezone Techno

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *