Megawati Cerita Peran NU dan Muhammadiyah di Masa Penjajahan : Okezone Nasional

Berita37 Dilihat

JAKARTA – Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengatakan perjuang Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah pada masa penjajahan, menjadi dasar yang membuat dirinya ingin menempatkan kedua organisasi islam terbesar itu pada Zayed Award tahun 2024.

Sebagai juri, Megawati mengaku sejak awal sudah menginginkan NU dan Muhammadiyah masuk ke dalam nominasi. Alasannya, tak lain karena perjuangan yang telah dilakukan oleh kedua organisasi islam tersebut pada saat merebut kemerdekaan dari belenggu penjajahan.

“Mereka ini bertempur bukannya hanya untuk membuat masjid dan lain sebagainya, mereka ikut bertempur untuk memerdekakan negara kami. Dari tahun,kalau Muhammadiyah 1912, kalau Nahdlatul Ulama 1926,” kata Megawati dalam sambutannya di aula masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (11/2/2024).

Megawati mengatakan, alasan ini sengaja disampaikan di hadapan para juri lainnya agar sejarah berdirinya sebuah bangsa tidak boleh dilupakan begitu saja.

Sebab, ia melihat saat ini fenomena bahwa generasi penerus yang sudah mulai melupakan jasa-jasa para perjuang.

“Kita ini sudah mulai melupakan sejarah bangsa kita. Bahwa kita itu tidak dengan mudah bisa seperti sekarang ini duduk enak-enak, tapi dulu itu memang banyak pengorbanan yang harus kita berikan, itu cerita saya kepada mereka (juri lainnya),” ujarnya.

“Jadi saya bilang kalau foundation ini adalah untuk perdamaian dunia dan perikemanusiaan, maka saya minta bahwa organisasi ini harus bisa dinominasikan,” tutur dia melanjutkan.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Golkar dan PAN Gabung KKIR Dukung Prabowo, PKB Tetap Usulkan Muhaimin Cawapres

(aky)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *