Lima Kontribusi BRI untuk Mendorong Indonesia Maju

Berita248 Dilihat

INFO BISNIS – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memberikan kontribusi optimal untuk turut membangun ekonomi kerakyatan dan mendorong Indonesia maju. BRI menurut Direktur Utama BRI Sunarso, berbisnis dengan rakyat dan diproses dengan caranya rakyat.

“Keuntungan BRI dikembalikan ke rakyat lewat pajak dan dividen. Karena bekerja dengan rakyat, dikelola dengan cara rakyat, dan keuntungan dikembalikan rakyat melalui berbagai program untuk masyarakat,” kata Sunarso.

Di tengah kondisi pemulihan ekonomi, BRI telah berhasil memberikan makna kepada seluruh stakeholders melalui penciptaan economic value dan social value dengan menjaga fundamental kinerja Perseroan agar dapat terus bertumbuh secara sehat, kuat, dan berkelanjutan.

Berikut lima capaian dan kontribusi BRI terhadap negeri dan masyarakat Indonesia.

Kontribusi BRI Terhadap Penerimaan Negara Melalui Dividen & Pajak Capai Rp140,5 Triliun Dalam 5 Tahun Terakhir.

BRI mencatatkan setoran dividen dan pajak hingga Rp140,5 triliun dalam lima tahun terakhir (tahun 2018-2022). Nilai ini terdiri dari dividen yang dibayarkan ke Pemerintah sebesar Rp49,4 triliun, PPh Badan yang dibayarkan ke pemerintah sebesar Rp50,6 triliun, PPh Potongan/Pungutan maupun PPN Bea & Materai yang dibayarkan ke Pemerintah sebesar 40,5 triliun.

Secara rinci, jumlah dividen dan pajak yang disetorkan kepada negara terus meningkat dari tahun ke tahun, sebesar Rp24,3 triliun pada 2018, kemudian naik menjadi Rp26,6 triliun pada 2019. Kembali naik menjadi Rp28,4 triliun pada 2020, pada 2021 meningkat menjadi Rp27,1 triliun, dan pada 2022, jumlah dividen dan pajak yang disetorkan oleh BRI mencapai sebesar Rp34,2 triliun.

Terbentuknya Holding Ultra Mikro Telah Berikan Akses Keuangan Kepada 36 juta Nasabah

Sejak resmi berdiri pada September 2021 lalu, Holding Ultra Mikro (UMi) yang terdiri dari 3 (tiga) entitas perusahaan, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai induk, serta entitas lainnya PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus mengintegrasikan dan menumbuhkembangkan ekosistem usaha ultra mikro nasional melalui penyediaan akses layanan keuangan seluas-luasnya untuk masyarakat.

Baca Juga  Daftar 15 Peserta yang Lolos ke Babak Live Show The Indonesian Next Big Star Season 2 : Okezone Celebrity

Dengan jumlah co-location SENYUM (Sentra Layanan Ultra Mikro) yang berjumlah 1.013 kantor, diikuti dengan jumlah nasabah Holding Ultra Mikro yang tercatat terus meningkat. Hingga akhir Maret 2023, nasabah Holding Ultra Mikro yang berhasil diintegrasikan dari ketiga entitas telah mencapai 36 juta, atau meningkat sebesar 19,6 persen secara tahunan. Adapun Holding UMi ditargetkan mampu melayani 45 juta nasabah pada 2024 mendatang.

Tingkatkan Inklusi Keuangan, Jumlah AgenBRILink Capai 666 Ribu Jangkau 59 Ribu Desa

BRI terus berkomitmen mengembangkan dan mengoptimalkan pengerahan agen-agen BRILink di seluruh wilayah Indonesia hingga titik terjauh sekalipun. Bentuk komitmen tersebut terlihat dari jumlah AgenBRILink yang terus bertambah bahkan melampaui target. Seperti diketahui, jumlah AgenBRILink pada kuartal II/2023 telah mencapai lebih dari 666 ribu agen yang menjangkau lebih dari 59.705 desa di seluruh Indonesia.

Tertinggi di Industri, Kredit Keberlanjutan BRI Capai Rp710,9 Triliun

BRI mencatatkan telah mengucurkan sustainable loan atau kredit keberlanjutan senilai Rp710,9 triliun pada kuartal I-2023 atau tumbuh 11,1 persen secara tahunan (YoY) di atas periode yang sama pada 2022. Penerapan prinsip-prinsip Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG) telah menjadi bagian dari strategi Perusahaan menuju keberlanjutan. Selain itu, dari sisi pendanaan, pada 2019 BRI telah menerbitkan sustainability bond sebesar US$500 juta. Selanjutnya, BRI menerbitkan green bond Rp5 triliun pada 2022. Masih pada tahun 2022, BRI menerbitkan sustainability-linked loans senilai US$1 miliar, sejalan dengan fokus bisnis dalam meningkatkan penyaluran kredit kepada UMKM, terutama segmen mikro dan ultra mikro.

Satu Nusa Satu BRImo, Super App BRImo Telah Digunakan oleh 27,8 juta Masyarakat Indonesia

Kepercayaan Masyarakat Indonesia terhadap super apps BRImo ditunjukkan dari jumlah pengguna yang kini telah mencapai 27,8 juta users atau tumbuh 50,5 persen year-on-year (YOY). Saat ini BRI terus berupaya memperkuat fitur andalan dengan menambah fitur baru yang semakin memberi kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. Hingga Juni 2023 atau dalam 6 bulan, jumlah transaksi di BRImo telah mencapai 1,3 miliar transaksi atau tumbuh 89,6 persen YoY, dengan volume transaksi menyentuh Rp1.895 triliun (tumbuh 76,2 persen YoY).

Baca Juga  Economist Comments on Jokowi's Claim of 5.2% Economic Growth in 2024

Menurut Sunarso, kontribusi dan capaian BRI tersebut tak lepas dari kerja keras seluruh pekerja BRI atau insan BRILiaN dalam memberikan pelayanan terbaik untuk rakyat Indonesia. “Kinerja tersebut dicapai melalui ketepatan strategic response yang diimplementasikan dengan kerja keras dan sungguh-sungguh oleh seluruh insan BRILiaN, sehingga menjadikan BRI mampu memberikan kontribusi terbaik untuk bangsa dan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.” (*)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *