Langkah Ganjar Dekati Keluarga Gus Dur Strategi Politik yang Canggih, Menurut Pengamat

Berita367 Dilihat

Rabu, 16 Agustus 2023 – 06:20 WIB

Jakarta – Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan langkah politik Ganjar Pranowo sudah tepat mendekati keluarga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Baca Juga :

Resmikan Posko Pemenangan Ganjar di Riau, Hasto Sampaikan Salam Megawati Untuk Ibu-ibu

“Kehadiran mas Ganjar ke Ibu Sinta yang ditemani Mbak Yenny Wahid, itu satu strategi politik yang canggih, mendekati basis massa Nahdlatul Ulama (NU),” katanya dalam keterangan di Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2023.

Dia menjelaskan NU merupakan organisasi terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Hampir 50 persen orang Indonesia dekat dengan NU. Di saat yang sama, Sinta Nuriyah dan Yenny Wahid merupakan salah satu representasi simbolik yang sangat krusial bagi warga NU.

Baca Juga :

Milenial dan Generasi Z Anggap Prabowo Subianto Figur Mengayomi dan Kebapakan

Bacapres PDIP Ganjar Pranowo menyambangi kediaman istri Gus Dur

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia itu menyatakan meskipun hanya didukung dua partai parlemen, jika Ganjar mampu mendapatkan basis massa dukungan NU, sangat menentukan bagi kemenangan pada Pilpres 2024.

Baca Juga :

Panglima Ingatkan Prajurit TNI Bijak Bermedia Sosial: Ingat, Jarimu adalah Nasibmu!

“Bukan hanya representasi partai politik yang didekati Mas Ganjar atau PDIP, tapi representasi organisasi krusial, yang mungkin tidak merupakan representasi politik formal, tapi representasi umat Islam yang besar,” katanya.

Halaman Selanjutnya

Burhan berbicara bahwa dalam konteks pemilihan presiden pengaruh aspek figur lebih dominan ketimbang pengaruh aspek kendaraan politik atau banyaknya dukungan partai politik terhadap calon tertentu.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Perhimpunan Hotel di Yogya Peringatkan Anggota untuk Kelola Sampah Mandiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *