Kembali Meledak, Smelter Investor China di Morowali Jadi Sorotan : Okezone Economy

Berita50 Dilihat

JAKARTA – Industri pengolahan mineral (smelter) di Kawasan Industri Morowali jadi sorotan. Pasalnya, Belum sebulan usai terjadi ledakan tungku milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), kini kembali terjadi lagi ledakan tungku smelter milik PT Sulawesi Mining Investment.



“Peristiwa kecelakaan ini kembali berulang pada smelter investor China,” ujar Peneliti Indonesia Institute for Sustainable Mining (IISM) Jannus TH Siahaan, Senin (22/1/2024).

Dari kejadian tersebut Negara harus ikut bertanggung jawab terhadap segala kejadian yang terjadi di industri pengolahan mineral, termasuk kejadian smelter yang meledak.

“Kita sudah harus berhenti terus-menerus menyalahkan orang lain, menyalahkan investor, terhadap kejadian ini karena bagaimanapun negara yang mengizinkan mereka untuk beroperasi negara yang mengundang mereka untuk beroperasi, dan negara pula yang seharusnya bertanggung jawab dalam mengawasi kegiatan tersebut,” ujar Jannus.

Sementara itu pemerintah juga harus melakukan investigasi mendalam dan menyeluruh bahkan termasuk lebih detail dari apa yang telah dilakukan oleh pemerintah sebelumnya. Sebab kejadian ini bukanlah yang pertama kali bahkan yang beberapa kali dalam waktu yang sangat berdekatan.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pemerintah sebaiknya membentuk tim terpadu lintas Kementerian, Lembaga dan juga melibatkan pemerintah daerah setempat agar proses investigasi atau penyelidikan ini berlangsung menyeluruh dan komprehensif.

“Dengan demikian hasilnya dapat diterima atau dapat mewakili masing-masing kepentingan yang terkait dengan tanggung jawab pengawasan tersebut,” lanjut Jannus.

Baca Juga  Laporkan Saja, Sudah Biasa Begitu

Baca Selengkapnya: Smelter Investor China di Morowali Jadi Sorotan Usai Kembali Meledak

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *