Jusuf Kalla Samakan Elektabilitas Anies Baswedan Seperti Donald Trump

Berita99 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla menanggapi ihwal elektabilitas bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, yang selalu di posisi buncit. Jusuf Kalla yang biasa disapa JK itu menyamakan posisi Anies seperti mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang di berbagai survei menunjukkan hasil yang landai, tapi justru memenangkan pemilu. “Trump juga rendah sekali elektabilitasnya menurut peneliti tapi Trump terpilih,” kata Jusuf Kalla saat ditemui di Kompleks DPR, Jakarta, Senin, 31 Juli 2023. 

Elektabilitas Anies di berbagai survei didominasi tren landai dan hasil perolehan suaranya paling bawah dibandingkan dengan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Sigi terbaru dari Indikator Politik menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan hanya 21,5 persen. “Saya kira pasti tidak terlalu akurat. Itu trennya saja seperti itu,” ucapnya.

Jusuf Kalla mengatakan kondisi serupa juga terjadi saat Anies Baswedan mengikuti Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta. Di kontestasi Pilkada DKI Jakarta,  kata Jusuf Kalla, elektabilitas Anies rendah dibadingkan rivalnya. “Waktu di DKI juga Anies terendah kan posisi 3, tapi kemudian dia terpilih,” ujarnya.

Dua nama populer yang masuk bursa bakal capres Pilpres 2024 saling mengejar, terutama  Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Namun, nama Anies jauh mengekor di belakang.   

Berdasarkan rilis Survei Indikator Politik pada 20-24 Juli menunjukkan, elektabilitas Prabowo mencapai 36,8 persen. Elektabilitas Ganjar mencapai 35,7 persen dan Anies Baswedan 21,5 persen. 

Iklan

“6,1 persen tidak tahu atau tidak jawab,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi, Ahad, 23 Juli 2023. 

Adapun simulasi 3 pasang calon, pasangan Prabowo dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungguli pasangan Anies- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. “Prabowo Subianto – Erick Thohir 35,7 persen dan Anies Baswedan – AHY 21,4 persen,” ucapnya. Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno elektabilitas mencapai 35,1 persen.

Baca Juga  Jadwal dan Prediksi Persebaya Surabaya vs PSM Makassar pada Pekan Ke-9 Liga 1 Jumat Sore, Live di Indosiar

Pilihan Editor: Elektabilitas Anies Baswedan Terus Merosot, NasDem Singgung Soal Rejeki Anak Soleh



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *