Ganjar Pranowo Komitmen Terapkan Kemandirian Industri Digital : Okezone techno

Berita201 Dilihat

JAKARTA – Calon Presiden Nomor urut 3, Ganjar Pranowo menunjukkan komitmen dalam membangun industri digital demi menyokong Indonesia Emas 2045. Untuk mendukung komitmen tersebut, fokus Ganjar Pranowo dalam mendukung Indonesia Emas 2045 yaitu dengan percepatan pembangunan infrastruktur digital di Indonesia.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dau periode itu melihat potensi terkait ekonomi digital di Indonesia belum dikelola dengan baik. Karena itu, ia mempunyai keinginan kuat agar menjadikan ekonomi digital Indonesia lebih maju dan berkembang.

Ia juga bersama calon wakil presiden Mahfud MD, akan berkomitmen untuk menerapkan kemandirian industri digital di Indonesia.

“Meningkatkan porsi industri digital domestik dalam proses digitalisasi, termasuk penciptaan aplikasi nasional. Meningkatkan peran pelaku usaha dan produk domestik dalam aktivitas ekonomi digital termasuk e-commerce untuk mendukung perkembangan UMKM lokal,” ucap Ganjar beberapa waktu lalu.

Ganjar Pranowo menekankan bahwa ekonomi digital memiliki potensi besar yang dapat diwujudkan melalui pengembangan yang serius. Sebagai hasilnya, salah satu program fokusnya adalah mempercepat pembangunan infrastruktur digital di Indonesia.

Dalam kesempatan lain, Ganjar menyatakan bahwa dengan kehadiran internet yang cepat, ia yakin generasi muda Indonesia memiliki peluang besar untuk terus menciptakan dan berinovasi. Menurutnya, generasi muda Indonesia dapat bersaing di panggung digital global apabila infrastruktur yang memadai tersedia.


Follow Berita Okezone di Google News


“Dan anak muda sekarang suka berkarya di kafe, di pantai dan tempat-tempat lain. Kalau tak ada fasilitas internet ya tidak bisa,” ucap Ganjar ketika menghadiri acara pertemuan daerah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Jawa Timur di Universitas Dr. Soetomo Surabaya pada Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga  Prabowo Belum Juga Umumkan Cawapres, Fadli Zon: Tradisinya Itu Last Minutes

Ganjar telah menyusun sejumlah program untuk mewujudkan hal tersebut, dan salah satunya adalah inisiatif pembangunan infrastruktur digital, terutama dalam hal penyediaan akses internet. Mengingat besarnya wilayah Indonesia, masalah infrastruktur internet tetap menjadi tantangan yang perlu diatasi.

Ganjar juga memiliki rencana untuk mendorong perkembangan industri pembuatan gadget di Indonesia. Saat ini, tingkat kepemilikan laptop dan gadget di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya. Ia juga senang karena dapat berdiskusi dengan mahasiswa.

“Saya senang mendapatkan pertanyaan soal mental health, kesiapan mahasiswa menghadapi dunia digital,” ucap pria berambut putih itu.

Selain membahas aspek ekonomi digital, dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga menyajikan ide-ide dan gagasan-gagasan terkait visi “Indonesia Emas 2045”. Ia turut mengangkat isu-isu khusus yang relevan dengan kalangan muda, seperti kesejahteraan mental, lingkungan, pendidikan, pencegahan korupsi, dan sebagainya.

Saat itu, muncul pertanyaan mengenai kebiasaan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah, yang cenderung lebih sering menyalin dari Google. Ganjar kemudian mengajak mahasiswa untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Ia menyarankan agar mahasiswa lebih baik berkomunikasi atau berdiskusi dengan dosen pembimbingnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *