Ganjar Minta DPR Panggil KPU soal Surat Suara Taipei : Okezone Nasional

Berita153 Dilihat

 

JAKARTA – Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta Komisi 2 DPR RI untuk segera memanggil pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) perihal surat suara Pemilu 2024 yang telah dikirim di Taipei.




“KPU menyatakan ribuan surat suara dikirim lebih awal di Taiwan. Saya langsung bilang, Komisi 2, panggil KPU segera klarifikasi,” kata Ganjar di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (30/12/2023) malam.

Ganjar meminta KPU sebagai penyelenggara mengklarifikasi langsung dan mempertanggungjawabkan apa yang sudah terjadi.

“KPU nyatakan surat suara di Taipei tidak sah. Kenapa bisa lolos? profesionalisme mesti dipertanggungjawabkan. Karena kita punya PDIP yang ada di parlemen, kita punya PPP di parlemen untuk bisa bertanya itu meminta pertanggungjawaban,” ujarnya.

Ganjar menyebut pihaknya sudah menyiapkan tim IT untuk memantau Pemilu 2024, termasuk mencegah terjadinya kecurangan. Dia mewanti-wanti agar pihak lain tidak berbuat curang demi mencapai sebuah kemenangan.

“Maka tim teknis Pemilu siapkan posko khusus untuk mantengin ini, melihat distribusi surat suara, agar kita bisa memantau dan nanti IT kita akan memantau untuk bisa menangkap itu. Yang akan curang, kami sedang memantau kalian dan kami mengerti soal ini,” tuturnya.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebelumnya, KPU mengatakan ada kelalaian dari Panitia Pemilih Luar Negeri (PPLN) di Taipei terkait lembar surat pemilu yang sudah diterima WNI lebih dulu dibanding di negara-negara lain. KPU memastikan peristiwa tersebut tidak dilakukan dan diulangi oleh PPLN lainnya.

Baca Juga  Tanggal 27 Oktober Hari Apa? Cek di Sini : Okezone Lifestyle

“Apa yang telah dilakukan oleh PPLN Taipei, KPU pastikan hal tersebut tidak dilakukan oleh 127 PPLN lainnya di seluruh dunia. Kasus pengiriman surat suara pos tidak sesuai jadwal oleh PPLN Taipei tidak akan diulangi lagi,” kata Komisioner KPU, Idham Kholik, saat dihubungi, Rabu 27 Desember 2023.

“PPLN Taipei telah berjanji akan melaksanakan semua aturan, jadwal, dan kebijakan serta arahan teknis KPU sesuai peraturan perundang-undangan pemilu yang berlaku,” lanjutnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *