Di Tengah Gempuran Era Digital, BPIP Minta Pemuda Garda Terdepan Pembumian Pancasila : Okezone Nasional

Berita32 Dilihat

JAKARTA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), melalui Kedeputian Pengendalian dan Evaluasi mengadakan, kegiatan Penguatan Duta Pancasila dan Jiwa Kepaskibrakaan. Acara tersebut dihadiri 80 orang anggota Purnapaskibraka Duta Pancasila angkatan 2022.

Hal itu dilakukan, karena di dalam era digital, sekat-sekat budaya semakin terbuka. Informasi, budaya, dan ideologi tersampaikan dengan cepat dan hampir tanpa filter. Hal ini membuat ruang publik, khususnya media sosial menjadi padat dan penuh dengan informasi yang tak jarang membuat para penggunanya, termasuk generasi muda, tersesat dan jauh dari nilai-nilai Pancasila.




Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo menyatakan, Paskibraka merupakan representasi perwakilan kaum muda Indonesia dengan latar belakang yang beragam. Karenanya, para Purnapaskibraka Duta Pancasila 2022 yang telah terpilih dari para pemuda terbaik hendaknya dapat terus menjadi wajah dan garda terdepan pembumian Pancasila.

“Para Paskibraka Duta Pancasila harus dapat senantiasa menjadi contoh nyata pengaktualisasian nyata nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Benny Susetyo dalam keterangannya, Kamis (25/1/2024).

Pria yang akrab disapa Romo Benny ini menambahkan, Purnapaskibraka Duta Pancasila harus dapat memengaruhi masyarakat dalam menginternalisasi Pancasila dalam tindakan dan perbuatan sehari-hari. Para Purnapaskibraka Duta Pancasila harus dapat menjaga keutamaan hidup dengan senantiasa memiliki hati merah putih yang senantiasa menjaga kebersihan jiwa.

“Menyandang gelar Purnapaskibraka Duta Pancasila berarti menjadi para pemuda terpilih yang mau dan ikhlas menjadi pejuang kebenaran dan keadilan dengan mencintai sesama ciptaan Tuhan. Ini sebagai pengejawantahan cinta akan Tuhan, yang merupakan nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila,” ucap Doktor ilmu politik itu.

Dengan mencintai sesama ciptaan Tuhan, lanjutnya, para Purnapaskibraka Duta Pancasila diharapkan tidak akan menjadi pribadi yang reaktif dan provokatif. Para Purnapaskibraka Duta Pancasila diharapakan menjadi pribadi yang tidak hidup dalam sentimen identitas, mencintai sesame, juga senantiasa mau untuk berkolaborasi dan bersinergi, untuk bergotong royong mencari titik temu dan bergotong royong demi kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Baca Juga  nature viral twitter link


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Romo Benny melanjutkan, Purnapaskibraka Duta Pancasila harus peka menyikapi teknologi dan fenomena yang terjadi di lapangan. Yaitu dengan mampu melakukan lompatan dengan tidak hanya sebagai pengguna dan pengekor, namun para Purnapaskibraka Duta Pancasila dapat mengubah paradigma masyarakat agar dapat menciptakan tehnologi tepat guna, yang bermanfaat tidak hanya sebagai sarana mempemudah kehidupan sehari-hari, namun juga sebagai wadah untuk menjawab tantangan hidup.

Kata dia, Purnapaskibraka Duta Pancasila dapat menjadi pelopor dalam masyarakat untuk tidak hanya menjadi pengguna, namun juga pemilik teknologi.

“Para Purnapaskibraka Duta Pancasila hendaknya selalu mengasah kemampuan untuk menggunakan logos, pathos, dan ethos yang mereka miliki untuk membumikan Pancasila secara nyata yang terwujud dalam tercapainya kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *