Densus 88 Tangkap 12 Tersangka Terorisme Jaringan JI dan NII : Okezone Nasional

Berita143 Dilihat

 

JAKARTA – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri berhasil menangkap sembilan tersangka teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) di wilayah Jawa Tengah, dan tiga tersangka dari jaringan Negara Islam Indonesia (NII) ditangkap di wilayah Tangerang.




“Beberapa tersangka yang diamankan yang paling baru yaitu penangkapan tersangka terorisme di wilayah Jawa Tengah sebanyak 9 orang di wilayah Sragen, Boyolali, dan sekitarnya,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Rabu (20/12/2023).

Dari kelompok JI, kata Ramadhan, Tim Densus 88 Antiteror Polri turut mengamankan sejumlah barang bukti, salah satunya adalah senjata api.

“Ini dari kelompok jaringan terorisme JI di mana kemarin densus juga telah mengamankan beberapa barang bukti diantaranya dalam beberapa senjata api,” katanya.

Ramadhan mengatakan, total sebanyak 142 pelaku tindak pidana terorisme telah ditangkap sejak Januari hingga Desember 2023.

“Sepanjang 2023, sampai hari ini Densus 88 telah melakukan penegakkan hukum terhadap tersangka tindak pidana terorisme dan tindak pidana pendanaan terorisme. Ada 142 tersangka yang telah diamankan Densus 88 sepanjang tahun 2023,” katanya.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya


Ramadhan memerinci, para tersangka berasal dari beberapa jaringan kelompok teror, seperti Jamaah Ansharut Daulah (JAD), jaringan Anshor Daulah (AD), Jamaah Islamiyah (JI), Jamaah Anshorut Syariah (JAS), dan jaringan Negara Islam Indonesia (NII).

Baca Juga  Perempuan Milenial di Jatim Dukung Ganjar Dibanding Prabowo dan Anies

“Dari total 142 tersangka tindak pidana terorisme, terbagi beberapa jaringan kelompok, yaitu JAD atau AD sebanyak 29, kelompok AO sebanyak 49, kemudian JAS 7, JI 50, dan NII 5 orang,” katanya.

Dari 142 tersangka tindak pidana terorisme tersebut, Ramadhan mengungkapkan, empat di antaranya berjenis kelamin perempuan.

“Berdasarkan jenis kelamin, sebanyak 138 pria, dan 4 wanita,” ucapnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *