Bawaslu Belum Terima Laporan PPATK soal Uang Kejahatan Lingkungan Rp1 Triliun Masuk Parpol

Berita275 Dilihat

Rabu, 9 Agustus 2023 – 16:55 WIB

Jakarta – Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengaku belum menerima laporan resmi terkait temuan ada temuan Rp1 triliun mengalir ke partai politik (parpol) dari tindak pidana kejahatan lingkungan.

Baca Juga :

MA Sebut PK Moeldoko atas Kepengurusan Demokrat Tak Dapat Gugurkan Putusan Kasasi

“Tidak ada sampai sekarang; memang sudah ada dulu kan informasi seperti itu, tapi laporan tertulisnya, formal, belum,” kata Bagja dalam acara di Dewan Pers, Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2023.

Dia tak menampik bahwa informasi mengenai uang kejahatan itu sudah lama beredar, akan tetapi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tak kunjung melaporkannya.

Baca Juga :

Jenderal Dudung Kecam Purnawirawan TNI AD yang Gunakan Atribut Satuan Saat Berpolitik

Ketua PPATK Ivan Yustiavandana

Bagja mengatakan surat dari PPATK yang masuk ke Bawaslu justru berkaitan dengan persiapan pemilu dan mitigasi persoalan pemilu. Pada Juni lalu, katanya, memang ada surat dari PPATK, tapi bukan tentang aliran dana.

Baca Juga :

Sekjen PDIP Sebut Megawati Sudah Tentukan Nama Bakal Cawapres Ganjar tapi Perlu Kontemplasi

Ia juga menjelaskan saat ini Bawaslu belum bisa melakukan penindakan, karena belum masuk masa kampanye. Untuk itu, Bagja menuturkan aparat penegak hukum (APH) beserta kepolisian yang memiliki wewenang melakukan penindakan.

Halaman Selanjutnya

“Ini kan masa sebelum kampanye, maka aparat penegak hukum, teman-teman kepolisian yang seharusnya diberikan oleh PPATK walaupun kemudian informasinya bisa kembangkan,” ujar Bagja.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Periksa 5 Saksi, KPK Dalami Dugaan Penerimaan Suap Gubernur nonaktif Malut Abdul Gani Kasuba : Okezone Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *