Bandara IKN Tidak Layani Penerbangan Reguler : Okezone Economy

Berita29 Dilihat

JAKARTA Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) ternyata tidak menyediakan layanan penerbangan reguler. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni.


Maria mengatakan, bandara VVIP IKN nanti tidak akan melayani penerbangan komersial. Artinya, bandara tersebut hanya melayani khusus untuk pesawat kepresidenan dan tamu-tamu negara.

Penerbangan komersial atau reguler yang bertujuan ke IKN akan berhenti sampai Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan saja. Hal ini juga berkaitan dengan hadirnya tol di IKN yang akan membantu melancarkan konektivitas IKN dengan kota Balikpapan dan Samarinda.

“Bandara VVIP IKN tidak ada penerbangan komersil. Cuma buat tamu VIP saja. Penerbanagna komersil di Bandara Balikpapan,” ujar Maria, ditulis Minggu (10/3/2024).

Sebagai informasi, Bandara IKN memiliki luas area 347 hektar dan dilengkapi dengan ruang VVIP dan VIP seluas 7.352 m2. Bandara tersebut dapat melayani 3 pesawat terbang berbadan besar.



Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pemerintah berharap, nantinya kehadiran bandara tersebut akan membuat kawasan IKN semakin terbuka. Sehingga konektivitas di IKN semakin baik dan memiliki akses yang mudah dijangkau dari manapun.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun bandara IKN dengan panjang runway 3.000 x 45 meter. Bandara ini dibangun melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Bina Marga. Hal ini juga dilengkapi dengan dukungan infrastruktur lainnya adalah pembangunan Apron 470 meter dari total luas 102.150 m2, dan taxiway sepanjang 290 meter dengan anggaran Rp4,3 triliun.

Baca Juga  Elektabilitas Prabowo Makin Tinggalkan Ganjar

Bandara IKN berada di Kecamatan Penajam, berjarak sekitar 23 km dari Titik Nol IKN atau sekitar 18 menit dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. Dukungan konektivitas telah dibangun Kementerian PUPR dengan menyelesaikan jalan relokasi sepanjang 4 km.

“Bandara VVIP IKN masih dalam proses, nanti liat aja kejutan ketika sudah jadi,” imbuhnya.

Baca Selengkapnya: Bandara IKN Hanya Melayani VIP, Penerbangan Pesawat Reguler Cuma Sampai Balikpapan

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *