Bandara Dhoho Sudah Rampung tapi Belum Beroperasi, Kemenhub: Maskapai Lagi Persiapan : Okezone Economy

Berita41 Dilihat

JAKARTA – Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur, hingga saat ini belum dioperasikan. Padahal sejak 2020, Angkasa Pura sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Gudang Garam terkait rencana kerjasama pengelolaan Bandara Dhoho.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebut, saat ini pembangunan fisik bandara sudah rampung seluruhnya, namun terkait belum dioperasikannya bandara lantaran belum ada maskapai yang punya relasi ke bandara tersebut.



“Sebenarnya tidak ada kendala, cuma kalau bandara mau operasional kan harus ada maskapainya. Maskapainya lagi persiapan. Mereka kalau mau buka rute harus ada tarif, rute, dan sebagainya. Jadi lebih ke sana,” ujar Adita saat ditemui di Gedung DPR, Kamis (18/1/2024).

Meski demikian, Adita menjelaskan secara bangunan fisik bandara Dhoho sudah sudah digunakan. Karena hanya tinggal menunggu maskpai membuka rute penerbangan ke bandara tersebut.

“Dari regulator pasti inginnya cepat langsung bisa optimal. Tapi kembali lagi kalau mau operasi ya harus ada maskapai yang bisa berjalan disitu,” tutup Adita.

Adapun investor dari pembangunan Bandara Dhoho adalah PT Gudang Garam Tbk. Di mana nilai investasi bandara ini pun tak main-main yakni mencapai Rp9 triliun.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bandara di Kediri ini menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN). Tidak hanya itu, Bandara Dhoho Kediri ini juga digadang menjadi gerbang alternatif menuju Jawa Timur selain dari Bandara Juanda Surabaya.

Baca Juga  Pimpin Kwarda Pramuka Jateng, Siti Atikoh Ganjar Torehkan Sederet Prestasi : Okezone News

Secara geografis, Dhoho terletak di Desa Grogol, Kecamatan Grogol dan Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Jarak Desa Grogol ke Pusat Kota Kediri sekitar 13 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sementara jarak dari Bandara Juanda Sidoarjo sekitar 120 km dengan waktu tempuh 1,5 hingga 2 jam perjalanan via jalan tol. Sedangkan jarak dari Bandara Abdul Rachman Saleh Malang sekitar 87 km dengan waktu tempuh perjalanan darat 3 hingga 4 jam.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *