Asal-usul Community Shield FA, Bermula pada 1908

Berita273 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPertandingan Community Shield FA yang dihelat secara rutin menjelang dimulainya musim baru Liga Inggris akan mempertemukan Arsenal dan Manchester City.  Arsenal bertekad merebut semua trofi pada musim 2023-2024.

Manajer Arsenal Mikel Arteta akan membuka peluang tersebut saat menghadapi Manchester City dalam ajang Community Shield di Wembley Stadium pada Minggu, 6 Agustus 2023, disiarkan malam pukul 22.00 WIB. “Saya sangat bersemangat memainkan laga final untuk memenangi trofi, kami bermain melawan tim untuk dikalahkan,” kata Arteta, dikutip dari Reuters.

Ambisi dipicu upaya Arsenal merebut gelar Liga Inggris yang kandas pada musim lalu oleh Manchester City. 

Sejarah Community Shield FA

Dikutip dari situs web The FA atau Thefa.com, pertandingan Community Shield FA pertama diadakan pada 1908. Kala itu  mempertemukan Manchester United dengan Queens Park Rangers. Manchester United, yang pada saat itu baru pertama kali menjadi juara Liga Inggris mengalahkan Queens Park Rangers Juara Liga Selatan. Pertandingan berakhir dengan skor 4-0.

Iklan

Pertandingan Community Shield FA yang diadakan pertama kali pada 1908, mulanya dinamai FA Charity Shield. Laga Community Shield FA dirintis dari Sheriff of London Shield yang pertandingan antara klub Juara Liga Profesional dengan klub Juara Liga Amatir.

Sheriff of London Shield pertandingan yang diadakan secara rutin setiap tahunnya antara pemenang Liga Sepak Bola Inggris atau Piala FA dengan klub amatir. Biasanya diwakili oleh Corinthians. Pertandingan pertama Sheriff of London Shield diadakan pertama pada 1898 hingga nantinya diganti dengan FA Charity Shield pada 1908. Itu setelah Asosiasi Sepak Bola Amatir Inggris memisahkan diri dari Asosiasi Sepak Bola Inggris atau FA. 

Baca Juga  Korban Meninggal Kecelakaan Maut di Jakarta-Cikampek KM 58, Jasa Raharja Beri Santunan Rp50 Juta : Okezone Economy

Pertandingan Community Shield FA diadakan di Stadion Stamford Bridge, mulai 1908 hingga 2002. Pada 1974, Ted Croker selaku Sekretaris FA pada saat itu mengajukan usulan ke FA untuk memindahkan pertandingan Community Shield dari Stadion Stamford Bridge ke Stadion Wembley.

Manchester United klub pertama dan yang paling banyak menjuarai Piala Community Shield FA, dengan gelar sebanyak 21. Sesuai dengan namanya, pertandingan Community Shield FA laga amal yang sebagian besar keuntungan hasil pertandingannya akan disumbangkan untuk klub amatir di Inggris.

Pilihan Editor: Pelatih Arsenal Mikel Arteta Berambisi Mengalahkan Manchester City di Community Shield



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *