7 Oleh-Oleh Khas Cirebon Cocok Diborong saat Mudik Lebaran, Kue Gapit hingga Kerupuk Melarat : Okezone Travel

Berita20 Dilihat

KETIKA melakukan perjalanan mudik terasa hambar rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh. Salah satu wilayah yang mungkin Anda singgahi saat mudik ke Jawa ialah Cirebon.

Jika mampir ke sana, tak ada salahnya jika membeli sejumlah oleh-oleh khas untuk keluarga tercinta.

Apalagi, Kota Cirebon merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan beraneka ragam makanan dan jajanan yang khas.

Tak heran jika para pemudik masih nampak memadati sejumlah tempat kuliner dan sentra penjualan oleh-oleh khas Cirebon ini. Nah, berikut tujuh oleh-oleh yang wajib Anda beli saat mudik atau singgah di Cirebon.

(Foto: Tokopedia)

1. Kue Gapit

Meskipun memiliki nama ‘Kue Gapit’, camilan khas Cirebon satu ini justru lebih mirip kerupuk karena bentuknya yang tipis dan teksturnya yang sangat renyah. Sekilas bentuk dari Kue Gapit mirip seperti waffle namun lebih tipis.

Dengan banyaknya varian rasa dari Kue Gapit mulai dari rasa keju, bawang, hingga kencur dan original, Anda bisa menjadikan camilan tradisional asal Cirebon ini sebagai oleh-oleh saat ke Cirebon.

2. Kerupuk Rambak

Bagi Anda penggemar kuliner kerupuk kulit, maka oleh-oleh khas Cirebon selanjutnya ini mungkin bisa jadi pilihan yang pas.

Kerupuk Rambak

(Foto: Shopee)

Kerupuk Rambak adalah olahan kerupuk kulit khas Cirebon yang kerap disajikan bersama makanan khas Cirebon, empal gentong.

Namun, Anda juga bisa menemukan Kerupuk Rambak yang dijual terpisah untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari Cirebon.

3. Cirebon Sultana

Ketika menyambangi Kota Cirebon, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi dan membungkus kue kekinian, Cirebon Sultana.

Kedai milik selebritas Indra Bekti ini sudah eksis di Cirebon sejak Maret 2017. Meski populer karena nama pemiliknya, cita rasa yang ditawarkan kue ini tak boleh Anda pandang sebelah mata.

Baca Juga  Cara Unik Perindo Menangkan Pemilu 2024, Kenalkan Caleg lewat Turnamen Bulu Tangkis : Okezone News

Mulai dari Sultana Blueberry, Sultana Mangga, hingga Sultana Choco Banana adalah beberapa jenis menu yang bisa Anda pilih.

Kerupuk Melarat

(Foto: Shopee)

4. Kerupuk Melarat

Meskipun namanya melarat, jajanan khas Cirebon satu ini memiliki rasa yang gurih. Dinamakan demikian karena kerupuk ini tidak digoreng menggunakan minyak goreng, melainkan dengan pasir melalui proses sangrai.

Lalu, apakah aman untuk dikonsumsi? Tak perlu khawatir akan kebersihannya karena pasir yang digunakan sudah melalui proses pengayakan. Selain itu, pasir juga akan dipanaskan lebih dulu untuk menghilangkan segala bakteri.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Jambal Roti

Berada di daerah Pantura, oleh-oleh dari perairan laut Cirebon ini juga menjadi buruan para wisatawan.

Ya, salah satunya jambal roti alias ikan asin. Makanan hasil olahan laut Cirebon tersebut banyak digemari para pemburu oleh-oleh khas Cirebon.

Rasa asinnya yang pas, serta olahan yang tidak basi saat dibawa di mobil membuat para wisatawan tak pernah absen membeli ikan asin.

6. Sirup Tjampolay

Telah ada sejak tahun 1936, Sirup Tjampolay adalah salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang melegenda.

Sirup Tjampolay

(Foto: Instagram/@demetria_grosir)

Memiliki cita rasa manis yang khas, Sirup Tjampolay memiliki banyak sekalian varian rasa dan kerap digunakan untuk melengkapi berbagai sajian minuman mulai di warung-warung makan hingga restaurant dan hotel, lho.

Dengan harga yang cukup terjangkau, tak heran banyak yang menjadikan Sirup Tjampolay sebagai salah satu oleh-oleh asal Cirebon favorit kala berkunjung ke Cirebon.

Baca Juga  link video twitter ليبيا_تستغيث

7. Terasi Udang Cirebon

Sebagai Kota Udang pastinya Cirebon menghadirkan berbagai produk yang olahan udang, salah satunya terasi udang Cirebon.

Bumbu masak satu ini 100 persen terbuat dari udang rebon pilihan yang menghasilkan rasa khas. Nah, oleh-oleh satu ini tentu cocok bagi kerabat atau keluarga yang gemar memasak. Pasalnya, terasi akan menjadi penyedap rasa yang cukup nikmat.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *