7 Buah dan Sayuran Bantu Menghidrasi Tubuh Selama Liburan : Okezone Lifestyle

Berita128 Dilihat

MUSIM liburan kini telah tiba, bagi Anda yang berencana berwisata ke suatu tempat, tentunya tetap wajib untuk menjaga kesehatan. Salah satunya, dengan menjaga hidrasi tubuh.

Tidak hanya minum air mineral, beberapa buah-buahan hingga sayuran ini juga bisa membantu menjaga hidrasi tubuh Anda selama di perjalanan. Sebab, selain memiliki kadar air yang tinggi, buah dan sayur juga kaya akan kandungan serat, karbohidrat kompleks, asam amino, serta vitamin dan mineral.

Lantas, buah dan sayur apa saja itu? Berikut diantaranya, dilansir dari berbagai sumber, Senin (25/12/2023)

1.Mentimun: Mentimun yang sering dikonsumsi sebagai lalapan, rujak, atau salad ini merupakan salah satu jenis makanan dengan kadar air tertinggi, yaitu 97 persen. Kandungan air yang tinggi ini dapat membantu untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat mengalami dehidrasi.

 BACA JUGA:

2. Selada: Selada juga merupakan jenis sayuran dengan kandungan air yang sangat tinggi. Kadar air dalam selada bahkan mencapai 96 persen, sehingga baik dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi.

Baca Juga: Makan Puas di 7 Rekomendasi Restoran All You Can Eat Depok Terbaik


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

3.Semangka: Tak hanya manis dan menyegarkan, semangka dikenal sebagai buah rendah kalori yang mengandung sekitar 92 persen air loh! Tak hanya itu, semangka juga memiliki beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, mangan, dan antioksidan, yang baik untuk tubuh.

Baca Juga  Exco PSSI Pastikan VAR Digunakan di Piala Dunia U-17 2023 : Okezone Bola

Selain baik dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi, kandungan antioksidan likopen di dalam semangka juga bermanfaat untuk menangkal efek radikal bebas, meningkatkan kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

4. Belimbing: Mengandung sekitar 91 persen air, vitamin C, dan berbagai antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi buah ini tidak hanya bisa mengatasi dehidrasi, tetapi juga menjaga kesehatan jantung.

Namun ingat, belimbing sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit ginjal, sebab buah ini memliki kandungan asam oksalat yang cukup tinggi.

Pada penderita penyakit ginjal, penumpukan asam oksalat dalam tubuh bisa memperparah kerusakan ginjal, sehingga berisiko menimbulkan gagal ginjal.

5.Tomat: Punya kandungan air yang melimpah dan sangat nikmat jika dijadikan jus untuk mengusir rasa haus saat cuaca panas. Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan antioksidan, seperti likopen, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin, yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

6. Stroberi: Pada dasarnya, semua buah dalam kelompok beri, seperti stroberi dan bluberi, memiliki kandungan air yang tinggi. Namun, stroberi lah jenis buah beri yang paling banyak mengandung air. Oleh karena itu, buah ini baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

7.Melon: Mengandung banyak air, serat, serta beragam nutrisi seperti vitamin A, folat, vitamin C, kalium, magnesium, kalsium, dan protein. Buah ini juga banyak mengandung antioksidan.

Berkat nutrisi yang melimpah ini, melon bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, meningkatkan kemampuan penglihatan, serta menjaga kesehatan tulang dan kulit.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *