4 Jenis Ikan Ini Ternyata Tidak Bernafas dengan Insang, tapi Paru-Paru : Okezone techno

Berita80 Dilihat

JAKARTA Ikan, baik yang hidup di air tawar maupun air asing pada umumnya bernafas dengan menggunakan insang, namun ternyata ada beberapa ikan yang bernafas dengan paru-paru. Ini adalah sesuatu yang unik karena paru-paru adalah organ tubuh yang umum digunakan dalam pernafasan manusia dan mamalia.

Jenis ikan yang bernafas menggunakan paru-paru memang tidak banyak. Tetapi di antara jenis-jenis ikan tersebut ada juga yang kerap kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, bahkan ada yang mungkin pernah kita jadikan peliharaan atau konsumsi.

Lantas apa saja ikan yang bernafas menggunakan paru-paru? Berikut ini adalah daftarnya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber:

1. Lungfish

Lungfish adalah spesies air tawar yang dapat bernapas menggunakan paru-parunya. Ada enam spesies lungfish yang diketahui hidup di Afrika, Australia, dan Amerika Selatan. Lungfish memiliki sistem pernapasan yang unik.

Ikan ini memiliki paru-paru yang terhubung langsung ke laring dan faring tanpa trakea terpisah. Sebagian besar ikan menyerap oksigen terlarut dari air menggunakan kantong gas yang dimodifikasi dan divaskularisasi.

Lungfish memiliki paru-paru yang terbagi menjadi kantung udara kecil. Ini memaksimalkan kemampuan mereka untuk mengambil oksigen dari atmosfer. Spesies Lungfish biasanya memiliki dua paru-paru, kecuali Australian lungfish.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Cupang 

Jarang yang tahu bahwa sebenarnya ikan cupang memiliki keunikan di sistem pernafasannya. Mereka memiliki organ labirin yang memungkinkan mereka menghirup oksigen dari udara, bukan air, dan bertahan hidup di lingkungan rendah oksigen.

Baca Juga  Muhammadiyah Tetapkan Lebaran pada 10 April, Berikut Lokasi Khutbah Sholat Ied Petingginya : Okezone Nasional

Organ labirin yang berfungsi sebagai paru-paru ini ditemukan di dalam kepala, di belakang insang. Organ ini telah dikembangkan untuk mengekstraksi oksigen dari atmosfe dan air.

3. Gabus

Gabus merupakan ikan yang termasuk dalam keluarga Channidae. Spesies ikan ini berasal dari Afrika dan Asia. Gabus dapat menghirup udara dengan insangnya, yang memungkinkan mereka bergerak dalam jarak pendek di luar air.

Ikan ini memiliki organ suprabranchial, bentuk primitif dari organ labirin, yang berkembang saat ikan menjadi dewasa. Organ labirin tersebut bertindak sebagai paru-paru yang membantu ikan menghirup udara atmosfer.

Ini membantu mereka menghirup udara dan bertahan hidup di luar air hingga 4 hari asal tubuhnya tetap basah. Beberapa snakehead bahkan dapat sengaja naik ke daratan untuk mencari habitat air yang lebih baik.

4. Gurame

Gurame adalah ikan air tawar yang biasa ditemukan di pasar-pasar dan biasa dikonsumsi. Selain itu ikan gurame juga begitu populer di kalangan penghobi aquarium karena warnanya yang cerah dan kecerdasannya untuk mengenali pemiliknya.

Gurame memiliki organ seperti paru-paru yang memungkinkan mereka menghirup udara dari permukaan air. Tidak heran mengapa banyak ditemukan gurami yang muncul ke permukaan air.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *